Kamis, 28 Januari 2016

STB / UseeTV error dan solusinya Indihome


Produk TV berbayar dari Telkom, berbasis IPTV ini memang menyenangkan. Namun, ketika kita sedang asyik menonton acara favorit, tiba-tiba hadir 'error' yang tidak pernah diundang. 

Biasanya, tampil ..... hubungi 147 .
Error STB apa saja yang sering saya alami, dan bagaimana solusinya, saya share disini, semoga bermanfaat bagi 'yang mengalami hal yang sama'.....

Sebelum kita cek penyebab error dan mencoba untuk men-solusi, perhatikan terlebih dahulu, apakah ada masalah 'umum' pada jaringan akses. 


Error ini umumnya terjadi karena koneksi antara STB dan ONT (atau HG ADSL2+ jika media akses menggunakan tembaga). Led 'link' pada STB mati. Error 1901 juga sering ditandai dengan gambar STB yang diberi tanda silang. 
Penyebab kejadian ini, antara lain: 

  • Kabel UTP yang menghubungkan antara STB dan ONT putus, bisa disebabkan oleh connector atau kabelnya sendiri atau kadang-kadang hal yang sederhana, misalkan lagi bersih-bersih, kabel dicabut dan lupa memasang kembali.
  • ONT mati (bisa disebabkan aliran listrik mati atau sengaja dimatikan) . Ketika listrik hidup kembali, Waktu yang dibutuhkan oleh STB dan ONT hidup kembali tidak bersamaan, sehingga STB memandang tidak ada 'link'
Solusi 
  • Cek koneksi antara STB dengan ONT, lihat led link pada STB apakah sudah menyala hijau ?. Cek Kabel UTP yang digunakan.



Error ini umumnya terjadi karena wireless pada konfigurasi STB aktif dan tidak ada adapter wirelessnya. Kita menggunakan koneksi kabel LAN antara STB dan ONT. 

Solusi 

  • Disable wireless pada STB


Error ini terjadi karena : 

  • Gagal men-cek validitas alamat homepage EPG
  • Beberapa kali mencoba untuk terhubung ke homepage EPG, gagal .
Solusi : 
  • Pada pelanggan (STB) baru, cek apakah alamat primary authentication server sudah benar == biasanya STB baru sudah ada alamat default.== Bagi pelanggan baru, jika belum aktif juga, bisa jadi konfigurasi disisi Telkom, belum sempurna.
    Salah satu konfigurasi yang harus dilakukan adalah 'menset DHCP'. Jika menggunakan ONT ZTE F660, kita bisa atur DHCP dari menu ONT.
  • Telkom mensetting layanan UseeTv berada di LAN tertentu pada ONT, biasanya di LAN4. Konfigurasi ini dilakukan pada OLT. Jika kita menghubungkan STB ke port ONT selain LAN4, error ini bisa terjadi. 
    Jika media akses menggunakan 'tembaga', terminasi dirumah menggunakan HG ADSL2+, pemilihan port 'LAN', kita atur di Home Gateway.
  • Jika layanan sudah aktif, tiba-tiba terjadi error ini ketika sedang menonton, coba tekan 'menu', kalau belum bisa juga, coba re-start STB.... matikan, beberapa saat kemudian hidupkan kembali
  • Jika beberapa kali direstart tidak bisa juga atau terjadi terus menerus... hidup dan mati,.  terjadi problem useetv. Kemungkinan terjadi karena : kurangnya alokasi bandwidth, dan untuk mensolusi tentu saja, laporkan ke operator.



Error 1305 terjadi terkait dengan DHCP. 
Kaitan DHCP, bisa terjadi karena setting STB, setting ONT/ OLT, server DHCP dan karena problem jaringan lain yang mengakibatkan DHCP client tidak mendapatkan IP Address dari DHCP Server sistem IPTV. 

solusi : 

  • Cek apakah konfigurasi STB sudah dipilih DHCP
  • Bagi pelanggan baru, jika belum aktif juga, bisa jadi konfigurasi disisi Telkom, belum sempurna
  • Jika layanan sudah aktif, terjadi error dengan tiba-tiba ketika sedang menonton, coba tekan 'menu', kalau belum bisa juga, coba re-start STB.... Jika beberapa kali direstart tidak bisa juga, mungkin terjadi gangguan useetv. Problem ini, juga bisa terjadi jika kurangnya alokasi bandwidth kurang, dan untuk mensolusi tentu saja, laporkan ke operator.



Error ini memang jarang terjadi. Jika terjadi, kembalikan STB untuk diganti STB yang lain. 


STB / UseeTV error dan solusinya Indihome




Penyebab error ini karena data multicast yang diterima 'timeout'. 

Sebagai pelanggan, bisa merestart STB nya. Jika hal ini terjadi berulang kali, seharusnya pihak operator men-cek status network dan media streaming karena kemungkinan gangguan ini terjadi di network.
Salah satu penyebab dari 'data timeout' adalah kurangnya bandwidth. Dan sebagai pelanggan, solusinya adalah lapor ke operator, agar operator network yang menyelesaikannya 
Bagi pelanggan baru, jika layanan multicast belum pernah aktif (Live TV dan NVOD) , kemungkinan konfigurasi multicast disisi operator, belum sempurna. 

Sistem sibuk, coba lagi nanti (4604). Penyebab error ini karena data unicast (UDP streaming) yang diterima 'timeout'. 
Sebagai pelanggan, bisa, tekan OK pada field "kembali", atau merestart STB nya. Jika hal ini terjadi berulang kali, seharusnya pihak operator men-cek status network dan media streaming karena kemungkinan gangguan ini terjadi di network. Salah satu penyebab "Streaming timeout" adalah kurangnya bandwidth. 


Penyebab error : server mematikan koneksi RTSP (RTSP_CONNECT_STOPPED).





Sebagai user : Tekan OK di 'kembali'. Jika tidak bisa, restart STB. Berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna groovia sampai useetv, kalo kita kembali ke program yang tadi, beberapa menit kemudian, akan error lagi karena kemungkinannya server yang kita akses sedang padat (misal : TVOD pada HBO Hits, TVOD acara favorit pada SCTV) dan umumnya terjadi pada 'waktu-waktu nonton'. Jika saya mengambil program lain, yang kira-kira kurang peminat....lancar-lancar saja. Karena menurut manual STB, ini berkaitan dengan server. Jika masalah tidak diselesaikan, seharusnya 'petugas' men-cek program dan kondisi media streaming terkait karena server media streaming menutup koneksi.

Referensi : 

  • ZTE ZXV10 B600 Network STB Troubleshooting Manual
  • Wes Simpson and Howard Greenfield, IPTV and Internet Video : Expanding the Reach of Television Broadcasting, 2nd edition, Focal Press, Oxford, UK, 2009.

Artikel Terkait

STB / UseeTV error dan solusinya Indihome
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email